Twitter Facebook Google Plus Instagram Youtube Channel

Rabu, 09 Maret 2016

#PetGame

1. Sejarah Game

Game Konvensional dan Game Modern

Permainan tradisional merupakan warisan budaya luhur bangsa Indonesia yang beraneka ragam jenisnya. Permainan tradisional sesungguhnya sama tuanya dengan usia kebudayaan Indonesia dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan tersebut. Indonesia yang sangat kaya dengan berbagai budaya peninggalan leluhur juga sangat kaya dengan ragam permainan tradisional beberapa diantaranya seperti petak umpet, Galah Bandung dan Bebentengan.


Semenjak bermunculanya berbagai permainan digital, Sejak awal kemunculanya di era tahun 90-an permainan digital perlahan telah mengikis keberadaan permainan tradisional Bebentengan hingga saat ini. Berbagai permainan modern seperti playstation dan game online terlebih sekarang muncul smartphone android yang sanggup memberikan berbagai permainan menarik secara gratis dan mudah digunakan.



Game merupakan sebuah permainan yang sangat digemari oleh kalangan pada saat ini dan game mempunyai beberapa genre yang bermacam-macam. Game sekarang ini bagi sebagian besar orang tua, muda menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan, bahkan tak jarang diantara mereka sangat maniak dan menggilai game.


Perkembangan game dari generasi ke generasi :

Generasi Pertama (Magnafox Odissey)




Pada tahun 1966, video game mulai memasuki babak awal perkembangannya. Ide-ide kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol videogame pertama di dunia.

Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnafox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnafox Odyssey tercatat sebagai konsol videogame pertama di dunia. Pada tahun 1971, Pengusaha Nolan Bushnell -- yang dikenal sebagai bapak game dunia -- mendesain Computer Space, mesin game koin (arcade) pertama di dunia. Nutting Associate memproduksinya sampai 1500 unit.


Generasi Kedua (Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnafox Odissey 2)




Pada tahun 1974, Nakamura Manufacturing (sekarang Namco) milik Masaya Nakamura memasuki pasar video game arcade setelah membeli Atari Jepang. Tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft yang kelak menjadi pengembang software terbesar di dunia, dan pembuat home-videogame konsol. Dalam tahun yang sama merupakan masa jaya Pong, kembali laku keras di pasaran dan mengundang banyak pengembang game untuk membuat versinya sendiri. Tahuntahun berikutnya menjadi masa pertarungan antara Atari dan Fairchild, yang sama-sama meluncurkan konsol game yang telah dilengkapi CPU.

Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.


Generasi Ketiga (Nintendo Entertainment System, Sega Master System)



Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.

Generasi Keempat




Masa di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo. Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika.Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo.

Generasi Kelima




Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang. Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar.Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.


Generasi Keenam


Generasi keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive.Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP) yang hingga saat ini terus membayangi kesuksesan Nintendo DS.

Generasi Ketujuh


Perkembangan video game kini telah masuk ke generasi ketujuh. Microsoft telah menggeber XBox 360, sementara itu Sony dan Nintendo dengan PS3 dan Wii. Tak diragukan lagi kalau ketiganya adalah konsol terbaru dan tercanggih. di generasi ini konsole game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini konsole game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang.

Generasi Kedelapan




saat ini kita memasuki dunia konsol game generasi kedelapan, dimulai dari Nintendo, Wii U yakni penerus dari Nintendo Wii yang dirilis pada Q4 tahun 2012, lalu ada PlayStation 4 yang secara resmi diumumkan pada tanggal 20 Februari 2013 yang akan rilis pada Q4 tahun 2013, selanjutnya ada Microsoft yag mengumumkan penerus Xbox 360, yaitu Xbox One pada tanggal 21 Mei 2013, juga akan dirilis pada Q4 tahun 2013.

Referensi : 
1http://www.wadezig.com/2015/konsol-game-dari-masa-ke-masa/
2. Link Sejarah Game

2. Pengelompokan Game

Pengelompokan berdasarkan Genre :

Role Playing Games (RPG)




Game RPG adalah sebuah game di mana player memainkan suatu tokoh yang ada dalam game. Didalam game ini biasanya terdapat unsur seperti experience point, atau perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik level dan semakin kuat. Unsur cerita dalam game RPG sangat kental. Ada yang akhir ceritanya bisa kita tentukan sendiri tergantung apa yang kita lakukan dalam game. Biasanya di game RPG terdapat juga sistem equipment, di mana untuk memperkuat karakter yang kita mainkan diperlukan kombinasi perlengkapan yang mempengaruhi dalam menjalankan game RPG.

Game Strategi



Game strategi adalah game di mana kita sebagai pemain menjalankan berbagai unit-unit yang unik untuk memenangkan permainan tersebut. Gameplay nya biasanya kita mengatur unit atau pasukan untuk bertahan, menahan, bahkan mengalahkan musuh yang ada di game tersebut. Disini kita harus membangun pertahanan, bangunan, dan pasukan dengan biaya tertentu yang dapat di dapatkan dari sumber sumber yang ada di dalam map pertempuran. Game strategy ada yang berbasis Real Time Strategy dan ada yang Turn Based Strategy. Di Real Time Strategi kita mengendalikan unit yang kita mainkan secara langsung tanpa menunggu giliran. Makanya harus Ekstra cepet-cepet berfikir karena musuhmu gak akan nungguin kamu mikir.

Game Adventure




Adventure atau Action Adventure adalah game yang sering kita jumpai di pasaran. Game ini agak umum sehingga hampir semua game juga memiliki unsur game adventure walaupun tidak spesifik. Game ini biasanya memiliki 1 tokoh utama yang kita mainkan dan kita jalankan secara langsung dari awal sampai tamat mengikuti jalan cerita.

Arcade Game



Arcade games yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah/tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

Puzzle



Video game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Contoh Tetris.

Olahraga




Game jenis ini adalah game yang menampilkan cabang olah raga dunia. Tujuan dari game ini adalah memenangkan persaingan, menjuarai sebuah pertandingan dan menjadi yang terhebat dari pesaing-pesaingnya yang biasanya dimainkan oleh komputer ataupun pemain lain. Contoh jenis game ini adalah Wining Eleven.

Pengelompokan berdasarkan kategori yang dimainkan :

Multiplayer Online
Game jenis ini dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari dua orang dan membuat pemain dapat bermain bersama dalam satu dunia virtual dari sebuah jaringan LAN kabel maupun online dari internet yang dapat bermain bersamaan walaupun tidak berada didalam tempat yang sama. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di komputer dan
22 bertema Role Playing. Contoh game ini adalah Perfect World.


Casual Games
Sesuai dengan namanya, game tersebut merupakan game yang santai, tidak rumit dan
mudah untuk dipelajari. Tujuan dari bermain jenis ini adalah agar si pemain lebih santai dalam kehidupan nyatanya sebab game ini benar-benar simple dan mudah dimengerti dengan cepat. Contoh game jenis ini adalah Sally Salon.


Advergames
Game jenis ini lebih memperlihatkan sebuah produk dari perusahaan tertentu agar dapat dikenali masyarakat sesuai segmentasinya pada sebuah game. Yang pada karakter game ini, pembuatbgame memunculkan nama produk di pakaian atau bahkan mascot dari produk tersebut sebagai 24 karakter game nya. Contoh game jenis ini adalah PepsiMan.
Pengelompokan game berdasarkan alat yang digunakan :


PC Games
PC Games yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers yang sekarang sudah banyak beredar di Indonesia dengan banyaknya game online.

Game Panel Pengontrolan (Console Game)
Console games yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.

Handheld Games
Handheld games yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemanamana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.


Mobile Games
Mobile games yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.


Referensi : 
1. Link Genre Game PDF 
2. link Unikom PDF

3. Aspek Bisnis Dalam Dunia Game

Untuk membuat sebuah bisnis didalam bidang game maka harus menentukan apa yang harus dibutuhkan seperti tenaga ahli, sumber daya, dan yang lainya. Dibawah ini aspek-aspek yang harus dibuat untuk bisnis didalam dunia game.

Game Designer
Seorang desainer akan bekerja dengan anggota yang lain dari tim pengembangan, programmer, insinyur audio harus bekerja sama dalam membuat sebuah game.


Programmer
Sangat dibutuhkan tenaga ahli yang satu ini untuk menjalankan sebuah game dengan script code yang membuat video game bekerja.


Translator
Tugas dari seorang penerjemah yaitu untuk mengubah aspek audio game termasuk petunjuk karakter untuk bahasalan dan mengkonversi instruksi tertulis dan dokumentasi.

Video Game Tester
Seorang tester game memberikan jaminan kualitas untuk memastikan fungsi permainan yang dicobanya seperti yang diinginkan oleh pembuat game dan mengidentifikasi masalah dan bug.


Marketing Manager
Mengawasi kegiatan dari tim pemasaran yang merumuskan cara video game yang telah jadi akan segera dipasarkan dihadapan publik.


Referensi : 
1. http://careerplanning.about.com/od/occupations/a/videogamecareer_2.htm

4. 3D Engine Untuk Membuat Suatu Game

Blender Game Engine (Free)



salah satu fitur luar biasa yang dimiliki oleh Blender. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi interaktif. Blender Game Engine juga telah menyediakan game logic yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi interaktif dengan tidak perlu menuliskan baris kode pemrogaman, namun hanya memerlukan pemahaman logika.

Unity3D (Free)



Unity3D telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengembang . Penuh fitur permainan menampilkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat game 3d atau 2d penuh dengan dukungan multi - platform yang tepat. Versi terbaru dari Unity menawarkan DirectX 11.

HeroEngine (Free)



Mesin permainan ini telah menerima pengakuan luas di besar multiplayer dan game online. Istilah lisensi tampaknya agak berat untuk pengembang baru dan pemula , tapi itu layak dipertimbangkan jika kita memiliki proyek yang sangat ambisius untuk membuat sebuah game yang bagus.

Shiva 3D (Licence)




Shiva3D adalah mesin permainan 3d yang dirancang untuk web , konsol dan game mobile dan aplikasi . Mesin dapat berjalan di OpenGL , DirecX dan mode software . Beberapa fitur termasuk Nvidia PhysX , tubuh yang dinamis senyawa , titik bayangan cahaya , per - vertex per - pixel dan lightmapping . Shiva3D memiliki edisi web gratis dari mesin , dengan kemampuan untuk mempublikasikan game online.

TORQUE3D (Licence)



Awalnya Torsi dikembangkan untuk tahun 2001 FPS shooter , Suku 2. Torsi adalah sebuah mesin sumber permainan terbuka dan telah menjadi dev favorit independen untuk tenang beberapa waktu . Beberapa fitur termasuk editor dunia , dukungan Collada , per pixel pencahayaan dinamis , normal dan parallax pemetaan oklusi , refleksi , sistem langit , PhysX , beberapa platform penerbitan.

Cry Engine 3 (Licence)



CryEngine 3 telah digunakan dalam game seperti Crysis 2 , Crysis 3 dan Sniper : Ghost Warrior 2. Sama seperti Unreal Engine 3 , CryEngine 3 adalah toolset yang lengkap untuk pengembangan game . CryEngine 3 telah digunakan sebagai patokan untuk grafis visual untuk beberapa waktu dan itu terus mendorong batas apa game yang mampu . Salah satu fitur CryEngine adalah kemampuannya untuk menghasilkan besar yang indah , pemandangan yang sangat rinci . CryEngine 3 SDK sekarang di Steam membutuhkan layanan berlangganan bulanan. Kita juga dapat memilih lisensi penuh tetapi untuk pengembang game independen.

Referensi :
1. http://venturebeat.com/2014/08/20/the-top-10-engines-that-can-help-you-make-your-game/

6. Scene Graph

Scene Graph adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan pohon m-ary. Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi tersebut.

Perbedaan Antara Ogre3D, GameMaker dan Unity3D


Ogre3D (Open Source)
Object Oriented Graphics sebuah game yang fleksibel yang berbasis scene dan menggunakan bahasa C++ dalam pembuatan game. sayangnya hanya sebuah rendering engine tidak dilengkapi dengan tool jaringan, suara dan lain sebagainya sehingga kurang efisien dibandingkan dengan game engine yang lain.

Unity3D

Kemampuan multi platform dan costumisasinya membuat game engine ini banyak dipakai ketimbang game engine yang lain Ogre3D dan GameMaker bahasa pemrograman yang mengharuskan belajar C# dan Javascript.

GameMaker
GameMaker biasanya digunakan untuk membuat game 2D dan pihak GameMaker mengalami perbaikan agar pembuatan game jauh lebih efisien, GameMaker sendiri mempunyai fitur Drag and Drop sehingga mempermudah dalam membuat game dibandingkan game engine yang lainnya dan tidak terlalu banyak menggunakan bahasa pemrograman.

Kesimpulan dari perbedaan ketiga game engine menurut saya diluar sana banyak sekali game engine yang berbayar maupun yang open source sehinnga kita bisa belajar sesuai apa yang ingin kita buat. Jadi intinya memilih game engine sesuai dengan genre gamenya dan fitur yang diberikan antara game engine yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sehingga mempermudah kita dalam membuatnya.


Referensi :
1. Pengertian Graph Scene
2. http://www.kaskus.co.id/thread/53a82971a1cb17ca7d8b4573/kaskus-indonesian-game-developer-discussion-thread/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar